Label

Rabu, 20 Juni 2012

Jembatan Siak IV, Anggaran 460 Miliar Terkendala di KPA

PEKANBARU (VOKAL)--Pembangunan jembatan Siak IV yang direncanakan rampung jelang PON XVIII Riau, ternyata diundur. Karena anggaran senilai Rp 460 Miliar masih terkendala di Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Hal itu disampaikan kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), SF. Haryanto dalam rapat dengar pendapat dengan komisi C, DPRD Riau, Rabu (20/6) di ruang komisi C, DPRD Riau.

"Sebenarnya kita telah minta agar anggaran pembangun jembatan Siak IV ini segera dicairkan. Namun, hingga sekarang belum juga. Kita berharap kementrian PU berurusan langsung dengan KPA," kata SF. Haryanto.

Selanjutnya, SF. Haryanto mengaku kalau kesalahan terbengkalainya pembangunan jembatan Siak IV tersebut bukan pada Dinas PU provinsi Riau. Oleh karenanya, dia meminta kepada DPRD Riau dana antisipasi supaya pembangunan fisik jembatan terus berjalan. Dana antisipasi itu, sebagaimana permintaan Kadis PU, diambil dari APBD Provinsi. Caranya, dengan memasukkan dulu dalam RAPBD Perubahan 2012 yang bakal dibahas dewan dalam waktu dekat ini. Alasannya, supaya pembangunan tidak terhenti yang kemudian pemakaian dana APBD provinsi tersebut diganti kembali bila mana dana APBN sudah cair untuk jembatan tersebut.

Sekretaris komisi C, DPRD Riau Abu Bakar Siddiq menolak tawaran kadis PU tersebut. Abu menilai tidak mudah mengalihkan penggunaan anggaran meski untuk pembangunan jembatan Siak IV. Dia juga mempertanyakan prosedur seperti apa yang akan ditempuh untuk memakai APBD dalam penanggulangan dana sebesar Rp 460 Miliar itu.

"Antisipasi anggaran dengan menggunakan APBD Provinsi ini tidak mudah. Bahkan, hal tersebut tidak mungkin dilalukan. APBD ini tak bisa lagi dialihkan. Ini hal yang sangat rentan. Lagi pula, APBD ini juga untuk pembangunan lain," kata Abu.

Dinas PU dan Dewan Berbeda Pendapat

Terdapat perbedaan antara Dinas Pekerjaan Umum (PU) dengan DPRD Provinsi tentang penyelesaian jembatan Siak IV. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), SF Haryanto mengatakan pembangunan jembatan Siak IV bakal selesai akhir tahun ini. Sedangkan ketua Komisi C, DPRD Riau, Aziz Zainal menegaskan pembangunan jembatan Siak IV tersebut belum bisa selesai kahir tahun ini.

"Jembatan Siak IV akan selesai akhir tahun. Bulan Desember itu pembangunan sudah rampung. Kita hanya terkendala dana saja. Jika ada penanggulangan dana, saya jamin akan selesai desember mendatang. Materialnya pun sudah lengkap," kata SF Haryanto.

Berdasarkan pertemuan komisi C, DPRD Riau dengan kontraktor utama proyek pembangunan, penyelesaian jembatan tersebut harus diundur hingga Maret 2013 tahun depan. Dia juga meragukan pendapat Kadis PU menyatakan pembangunan jembatan Siak IV Selesai akhir tahun.

"Informasi yang saya dapat langsung dari kontraktor utama pembangunan jembatan itu. Bagaimana bisa selesai bulan Desember mendatang. Sedangkan besinya saja masih di Cipinong. Saya pesimis dengan ucapan Kadis PU," terangnya kepada wartawan usai hearing.

Tidak sinerginya Dewan dengan Dinas PU selama ini juga diakui Aziz Zainal. Dia menilai dinsa PU dengan pihaknya sering terjadi miskomunikasi sehingga berbeda informasi pada setiap pembangunan di Riau. Padahal, Dinas PU provinsi adalah mitra kerja komisi C DPRD Riau. Sebab, Pembangunan merupakan domain kedua belah pihak.Aziz Zainal, selaku ketua komisi menjadwalkan kembali pertemuan dengan Dinas PU. Dikatakannya, minggu depan, pihaknya memmanggil dinas PU kembali guna membahas jembatan siak IV.

"Kita panggil kembali Dinas PU paling lambat minggu depan. Supaya tidak terjadi lagi miskomunikasi. Kita akan minta skedul yang benar-benar fiks penyelesaian jembatan tersebut dari Dinas PU."pungkas Aziz Zainal.(ynl)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda, tanpa ada unsur fitnah, dan menyinggung SARA!