Label

Selasa, 25 Desember 2012

Rp500 M Anggaran Disdik Riau, Tidak Menjamin Sekolah Bebas Rusak

PEKANBARU (VOKAL)- Dari RP8,382 Triliun APBD Murni Riau tahun 2013 yang telah disahkan Anggota DPRD Riau minggu lalu, Rp500 Miliar lebih di antaranya untuk anggaran Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau selama tahun 2013. Kalkulasi itu sudah termasuk  Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung. Tetapi, anggarkan sebesar itu bukanlah jaminan untuk sekolah terbebas dari kerusakan infrastruktur.

Hal tersebut dikatakan wakil ketua komisi D, sekaligus anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau kepada Harian Vokal, Senin (24/12).  Menurutnya, anggaran untuk membebaskan sekolah dari berbagai kerusakan idealnya Rp 1,6 triliun untuk tahun 2012 ini.

“Anggaran untuk Disdik Riau kita sepakati Rp500 Miliar lebih. Meskipun sudah disepakati anggaran tersebut tidak bisa menjamin bahwa di tahun 2013 nanti, seluruh sekolah se-Riau tidak ada yang rusak lagi. Idealnya harus ada  Rp1,6 Triliun,  maka tidak akan ada lagi sekolah yang rusak di seluruh Kabupaten/Kota di Riau ini,” katanya.

Dia mengakui, alokasi anggaran untuk pendidikan masih sangat minim. Padahal, sekolah yang rusak di Riau sangat banyak.  Dia juga memastikan, alokasi Rp 500 miliar untuk bidang pendidikan terbebas dari  anggaran "siluman" atau anggaran titipan dari berbagai pihak.

"Tidak ada sama sekali. Rp 500 miliar ini kita bahas dan sudah kita kaji sebelumnya di komisi bersama TAPD. Bahkan, ini masih kurang dan belum 20 persen dari APBD untuk pendidikan,"katanya.

Dia juga mengharapkan, agar anggaran tersebut bisa dimanfaatkan Dinas Pendidikan provinsi Riau  meskipun masih tergolong sedikit.

“Kita berharap, anggaran itu sangat bermanfaat dan tidak menjadi penghalang untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Riau,” tutupnya. (mayonal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berikan Komentar Anda, tanpa ada unsur fitnah, dan menyinggung SARA!